Jurnalistik Di Era Digital Dan New Media

By | October 31, 2021

Jurnalistik Di Era Digital Dan New Media. Disebutkan dalam laporan itu, teknologi media baru (new media) seperti jejaring sosial dan situs web berbagi media telah membawa perubahan besar dalam beberapa tahun terakhir. Dalam kaitan ini,setidaknya terdapat tiga dampak teknologi media baru terhadap profesi jurnalisme;

Webinar Jurnalistik “Peluang Dan Skill Set Menjadi
Webinar Jurnalistik “Peluang Dan Skill Set Menjadi from eventbandung.id

Tranformasi dan tantangan abstrak di indonesia sepanjang tahun 2015, sejumlah media cetak memutuskan tutup dan beralih ke digital. Sebelum masuk pada new media dalam era digital, baiknya kita mengenal lebih baik apa itu media. Jurnalisme radio di era digital:

Hal Ini Memberikan Dampak Bagi Perusahaan, Konten Media, Peliputan Berita,.

Jurnalisme di era digital dan new media i.pendahuluan jurnalisme pada umumnya dapat diartikan sebagai kegiatan dalam mengumpulkan, menulis, menyunting dan menyebarkan berita kepada khalayak atau masyarakat luas. Pada era globalisasi seperti sekarang ini, berita informasi tidak hanya bisa kita dapatkan lewat media cetak seperti surat kabar, majalah dan sebagainya maupun media elektronik seperti televisi dan radio, namun internet yang dipandang sebagai media interaktif juga dapat berfungsi sebagai media yang menyediakan berbagai informasi di dalamnya termasuk. Bukan hanya soal kecepatan dan akurasi tapi juga makna dari peristiwa itu.

Kata Media, Merupakan Bentuk Jamak Dari Kata “Medium”, Yang Secara Etimologi Berarti Perantara Atau Pengantar.

Era digital menjadi perubahan besar dalam perkembangan teknologi. Di era media baru atau new media, digitalisasi menjadi topik pembahasan sehari hari, khususnya dalam dunia jurnalisme.hal ini tak lepas dari perkembangan internet dan teknologi yang kian cepat. Dalam kesempatan itu, nursatyo mengatakan bahwa saat ini praktik jurnalisme tengah memasuki era ‘new media’.

New Media Terdiri Dari Berbagai Jaringan Yang Telah Disusun Sedemikian Rupa, Di Mana Di Dalamnya Terdapat Berbagai Pintu Untuk Masuk Ke Suatu Hal Yang Kita Inginkan Dalam Internet.

Etika jurnalistik di era media digital. Digitalisasi jurnalisme dan profesionalitas jurnalisme online lintang muliawanti; Makna jurnalisme dalam era digital:

Kaidah Etika Jurnalistik Yang Diterapkan Dalam Praktik Jurnalisme Media Sosial Yakni Dengan Verifikasi Berita, Akurasi, Menyajikan.

Pertama, media baru membuka potensi peran bagi wartawan sebagai jembatan penghubung dalam konteks aliran deras demokrasi (bardoel, 1996); Asep memaklumi jika di era teknologi digital ini proses membuat dan menyajikan berita diminta berlangsung cepat. Meluasnya pemanfaatan internet ini tak bisa dipungkiri mengubah pola dalam mengakses informasi dan cara media dalam menyediakan berita.

Temuan Penelitian Menunjukkan Bahwa Instagram Menjadi Sarana Publikasi Karya Jurnalistik Yang Memuat Foto, Caption, Video Dan Narasi Berita, Yang Melengkapi Platform Lain Yakni Media Cetak Dan Media Online Milik Tempo Dan Tribun Jogja.

Kedua, media baru banyak menawarkan sumber daya (resources) dan pemanfaatan teknologi untuk membantu. Di era digital seperti ini ada beragam pilihan media yang bisa digunakan seperti televisi, media cetak bahkan media. Menurut etika media profesional, wartawan dituntut untuk independen, melakukan verifikasi, dan setia kepada warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.